Asuransi Kesehatan Melahirkan Terbaik

Saat ini pasangan muda mudi yang menikah terus bertambah banyak setiap tahunnya. Tak jarang mereka langsung membuat program untuk membuat anak pertamanya. Namun membuat anak tidak semudah apa yang dibayangkan. Seseorang mesti mempersiapkan biaya melahirkan yang semakin mahal dari tahun ke tahun.

Seiring dengan biaya persalinan tinggi membuat masyarakat memiliki berbagai opsi untuk membiayai proses persalinan. Tidak seperti beberapa tahun ke belakang yang biaya persalinan gratis ditanggung oleh pemerintah melalui program Jampersal ( Jaminan Persalinan), saat ini program tersebut dihapus dan diganti dengan program jaminan kesehatan nasional (BPJS) kesehatan.

Fenomena biaya melahirkan yang tinggi membuat seorang suami atau isteri harus mempersiapkan terlebih dahulu anggaran keuangan biaya melahirkan. Untuk di kota Jakarta saat ini biaya melahirkan secara normal  mencapai Rp 30 juta. Hal tersebut belum mencakup biaya kunjungan dokter dan biaya obat-obatan. Namun jika anda mengambil biaya persalinan yang paling murah di Jakarta dikisaran Rp 6,3 juta.

Asuransi Kesehatan Melahirkan Terbaik

Ketidakmampuan membayar biaya melahirkan dapat menciptakan masalah baru. Misalkan seperti yang terjadi pada satu pasangan suami isteri, Randi Ginting dan Atikah yang berasal dari Tangerang. Karena mereka tak sanggup membayar biaya persalinan terpaksa harus terpisah dengan anak mereka. Disebabkan sang bayi dibawa kabur oleh bidan. Alasan sang bidan membawa kabur anak mereka dikarenakan Randi Ginting dan Atikah belum membayar biaya persalinan caesar yang mencapai Rp 17,5 juta di Rumah Sakit Permata Ibu Tangerang.

Bagi masyarakat biasa tentu uang sebesar Rp 17,5 juta sangat besar. Dan untuk mendapatkan uang sebesar itu, Randi Ginting dan Atikah meminjam uang ke sanak kerabatnya. Namun uang hasil pinjaman belum mencukupi. Biaya melahirkan yang besar itu terdiri dari berbagai komponen seperti biaya kunjungan dokter, biaya obat, biaya kamar untuk rawat inap dan biaya melahirkan secara sesar ataupun normal.

Sekarang ini berbagai rumah sakit swasta menyediakan paket melahirkan dengan biaya yang bersaing. Besaran biaya persalinan tergantung paket yang dipilih. Ada paket hemat yang membayar sebagian saja yakni biaya tindakan medis dan biaya kamar.

Ada pula paket lengkap yang membayar semua komponen biaya melahirkan hingga biaya lebih mahal. Paket persalinan yang ditawarkan umumnya standar. Dimana seorang ibu dan bayi akan dirawat sampai 4 hari. Sedangkan untuk pemakaian inkubator bayi harus menambah biaya tersendiri.

Dari mahalnya biaya persalinan membuat pasangan suami isteri harus secara matang mempersiapkan biaya melahirkan tersebut. Supaya proses persalinan berjalan lancar tanpa mengganggu keuangan keluarga.

Untuk melahirkan anak tidak mesti di rumah sakit. Dapat saja ia melahirkan di rumah asalkan adanya tenaga medis ahli yang membantu persalinan seseorang seperti bidan. Namun terkadang dalam kasus melahirkan yang rumit dan komplikasi, seorang bidan angkat tangan dan menyerahkan kepada pihak rumah sakit dengan peralatan yang lengkap dan canggih. Seperti bayi yang memerlukan inkubator.

Fungsi rumah sakit sudah sedemikian penting dalam proses persalinan. Dengan adanya peralatan dan tenaga yang ahli. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk meminimalisir tingkat kematian bayi dan ibu jika muncul komplikasi.

Berdasarkan data dari kementerian kesehatan, penyebab seorang ibu yang melahirkan meninggal dunia diakibatkan oleh penyakit hipertensi yang dideritanya dan pendarahan. Oleh karena itu, perlu penanganan yang baik dari bidan dan dokter kandungan agar kejadian tersebut tak terjadi.  

Asuransi BPJS Untuk Melahirkan

Menyikap biaya melahirkan yang sangat tinggi di kota besar di Indonesia membuat masyarakat lebih tertarik menggunakan opsi asuransi melahirkan terbaik.  Salah satunya asuransi kesehatan Prudential yang biaya premi perbulan cukup terjangkau. Asuransi ini akan memberikan perlindungan terhadap biaya melahirkan bagi nasabahnya yang meliputi biaya tindakan medis dan kamar.

Leave a Comment